Rumah di 2024 Didiskon Pemerintah, Pengembang Bersiap-Siap Untung Besar

by -89 Views
Rumah di 2024 Didiskon Pemerintah, Pengembang Bersiap-Siap Untung Besar

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Keuangan telah resmi memberikan insentif Pajak Pertambahan Nilai yang Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) atas penyerahan rumah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 7 tahun 2024. Dalam aturan tersebut, pemerintah memberikan insentif PPN DTP atas penyerahan rumah tapak dan satuan rumah susun dengan harga jual paling banyak Rp 5 miliar yang berlaku sejak 13 Februari 2024.

Pengembang pun menyambut baik aturan ini dengan memasang target penjualan yang tinggi. Sinar Mas Land menargetkan dapat meraih penjualan sebesar Rp 9,5 triliun di tahun ini.

Direktur Bumi Serpong Damai (BSDE), Hermawan Wijaya menyebut bakal mengantisipasi kendala yang pernah terjadi pada insentif PPNDTP periode sebelumnya. “Impactnya (PPNDTP) pasti ada, minat costumer beli lebih terdorong, periode pertama kendalanya ready stok terbatas, jadi kalau melihat kuantum marketing sales kecil, apalagi yang lama batasannya nggak lebih dari Rp 2 miliar, nggak sampai Rp 5 miliar, sekarang masuk, lebih besar, jadi lebih banyak yang bisa dilepas,” katanya saat konferensi pers Infinite Living Sinar Mas Land di ICE BSD, Kamis (22/2/2024).

Selain dorongan pemerintah, pengembang juga melakukan langkah sendiri dengan menyubsidi DP hingga 20%, serta diskon mencapai 26%, dan bebas Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Program ini berlangsung mulai 22 Februari ini hingga akhir tahun 2024.

Dari total jumlah unit yang ditawarkan, 60 persennya akan mendapatkan insentif PPN DTP hingga sebesar Rp220 juta. Bagi nasabah prioritas dari bank partner, khusus transaksi 1-10 Maret 2024 akan mendapat additional discount sampai dengan 4% dan voucher belanja hingga Rp5 juta. Sedangkan bagi Customer Precious Sinar Mas Land akan mendapatkan tambahan diskon sebesar 1,25% untuk next purchase produk-produk Sinar Mas Land. “Kami berharap konsumen mendapatkan pilihan properti untuk ditinggali, berbisnis, maupun berinvestasi. Melalui program national sales ini, kami menargetkan pendapatan sebesar Rp2,8 triliun dari penjualan ± 1.400 unit properti yang ditawarkan, sehingga akan berkontribusi terhadap target marketing sales perusahaan tahun 2024,” ucap Deputy Group CEO Strategic Development & Assets Sinar Mas Land Herry Hendarta.