Anies versus Prabowo versus Ganjar

by -114 Views
Anies versus Prabowo versus Ganjar

Lembaga survei asing, Roy Morgan, telah merilis hasil jajak pendapat terbaru untuk mengukur tingkat elektabilitas para calon presiden menjelang Pemilu 2024 di Indonesia. Survei yang dirilis hari ini menyebutkan elektabilitas Prabowo di urutan pertama sebesar 43 persen, Ganjar di urutan kedua sebesar 30 persen, dan Anies di urutan ketiga sebesar 24 persen.

Berdasarkan data dari survei Roy Morgan, Pilpres 2024 diperkirakan akan digelar dalam dua putaran. Prabowo diprediksi akan menang dalam putaran pertama Pilpres 2024. Untuk dapat memenangkan putaran pertama, Prabowo yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka harus mendapatkan suara 50 persen ditambah satu suara.

Survei dari Roy Morgan ini dilakukan pada bulan Desember 2023 terhadap 1.255 responden di seluruh Indonesia yang berusia di atas 17 tahun atau sudah memiliki hak pilih. “Adapun survei dari Roy Morgan ini digelar pada Desember 2023 terhadap 1.255 responden di seluruh Indonesia dengan usia di atas 1.Tata 7 tahun atau sudah memiliki hak pilih. Survei itu dilakukan pada Desember 2023,” kata Direktur Roy Morgan Indonesia Ira Soekirman dalam keterangannya, Kamis (1/2/2024).

Ira menjelaskan bahwa Prabowo telah mengalami kenaikan suara sebesar 13 persen dari survei sebelumnya yang dilakukan pada September 2023. Sementara itu, suara Ganjar menurun sebesar delapan persen dan Anies Baswedan turun sebesar satu persen. Menurutnya, suara Prabowo meningkat setelah memilih Gibran, putra Presiden Jokowi, sebagai pasangan wakil presidennya.

“Dia yakin suara itu belum cukup bagi Prabowo untuk bisa menang satu putaran pada Pilpres 2024,” ujarnya. “Untuk memenangkan pemilu putaran pertama, seorang calon presiden harus memperoleh lebih dari 50 persen suara pada putaran pertama dengan minimal 20 persen di separuh seluruh provinsi. Lonjakan suara yang diraih Prabowo berarti dia sudah berada di ambang kemungkinan meraih kemenangan pada putaran pertama,” tutupnya.

Sumber: [Klik di sini](https://news.detik.com/pemilu/d-7172610/survei-roy-morgan-sebut-elektabilitas-ganjar-nangkring-di-posisi-dua)