Gaza Menerima Bantuan dari Korut dan Hamas-Hizbullah Membalas Dendam ke Israel dengan 7 Update Terbaru

by -88 Views
Gaza Menerima Bantuan dari Korut dan Hamas-Hizbullah Membalas Dendam ke Israel dengan 7 Update Terbaru

Israel terus melancarkan serangan ke Gaza, Palestina sebagai bagian dari operasi mereka untuk menghancurkan milisi Hamas. Berikut perkembangan dari pertempuran tersebut yang disusun oleh CNBC Indonesia pada Selasa (9/1/2024):

1. Hamas Beri Pengumuman ke Negara Muslim
Ismail Haniyeh, Pemimpin Hamas, memberikan pengumuman kepada negara-negara Muslim. Ia meminta negara-negara Muslim untuk memberikan senjata kepada militan Palestina. Hamas sedang berperang dengan Israel di Jalur Gaza.

2. Iran Warning Kapal Perang AS
Iran menyatakan peringatan keras terhadap tindakan AS yang dapat membahayakan perdamaian regional. Iran juga menuduh AS dan Israel mengalihkan perhatian dunia dari serangan Israel terhadap warga sipil di Gaza dan Tepi Barat.

3. Harga Minyak Bisa Naik 2 Kali Lipat
Serangan Israel memicu ancaman terhadap pasokan minyak dunia. Aliansi Perlawanan yang disokong Iran, termasuk Hamas dan Hizbullah, terlibat dalam eskalasi yang menciptakan ketegangan di wilayah tersebut.

4. Hizbullah Balas Dendam ke Israel
Drone Hizbullah menyerang pusat komando militer di Israel Utara sebagai tanggapan atas pembunuhan seorang pemimpin Hamas dan seorang komandan Hizbullah.

5. Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Lagi-Lagi ke Israel
Menlu AS Antony Blinken bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Tel Aviv. Blinken juga menghadiri pertemuan kabinet perang Israel.

6. Korut “Bantu” Hamas
Militan Palestina Hamas menggunakan senjata dari Korea Utara dalam serangannya ke Israel.

7. Biden Sebut Bujuk Israel Keluar Gaza
Presiden AS Joe Biden menyatakan bahwa pemerintah AS telah berupaya membujuk pemerintah Israel untuk mengurangi atau keluar dari Gaza.

Artikel Selengkapnya: 10 Update Gaza: Israel Menggila-Gencatan Senjata Ditunda

(sef/sef)