Pemimpin TNI (Purn) Agum Gumelar

by -105 Views
Pemimpin TNI (Purn) Agum Gumelar

Artikel ini ditulis oleh Prabowo Subianto dan diambil dari Buku Kepemimpinan Militer 1: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto.

Pak Agum pernah menjadi komandan saya sebelum saya menjadi komandan Kopassus. Saya mengenalnya sejak saya akan masuk Taruna, karena beliau adalah keluarga seorang perwira Kopassus. Dia memiliki kecerdasan tinggi, fisik yang baik, karismatik, dan mudah bergaul. Pak Agum juga pandai menarik simpati anak buah, atasan, rekan, dan rakyat. Dia menguasai ilmu intelijen operasi Sandi Yudha dan memiliki gaya kepemimpinan persuasif. Pak Agum berpegang teguh pada prinsip dan berani koreksi atasan dengan risiko hilang jabatan.

Pak Yunus Yosfiah pertama kali saya kenal dalam sebuah operasi di Timor Timur. Dia sebagai Komandan Tim Khusus dengan pangkat Mayor. Operasi ini menuntut mobilitas tinggi dan semangat tinggi, yang dipimpin oleh Pak Yunus. Saya dan para Letnan lainnya baru masuk grup 1 Parako dari Kopassandha. Kami mendapat berita bahwa akan dibentuk suatu tim khusus terdiri dari sisa pasukan Grup 1, Grup 2, dan Detasemen Markas. Lettu Inf. Yotda Adnan, Lettu Inf. Suwisma, Lettu Inf. Syahrir, Lettu Inf. Untung Setiawan, dan Lettu Inf. Zarnubi dan Lettu CHB Harjono adalah beberapa anggota tim tersebut.

Pak Yunus terkenal dengan kepemimpinan yang memberikan contoh. Dia selalu menanggung beban yang sama dengan anak buahnya, sehingga mendapat kepatuhan dan kesetiaan dari mereka. Kesan lain yang saya rasakan dari kepemimpinan beliau adalah ketenangan, tidak pernah panik, terutama ketika kontak tembak dengan musuh. Pak Yunus adalah sosok pantang menyerah, harus mencapai kemenangan, tidak menerima alasan apapun. Beliau juga jenderal yang tidak segan-sedih untuk menegur anak buahnya dan membuat mereka menghadapi tantangan lapangan yang berat.

Pak Yunus memberikan pengalaman berharga bagi saya sebagai perwira muda, dan saya selalu menceritakan ini karena beliau adalah komandan saya di awal karier.

Sumber: Buku Kepemimpinan Militer 1: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto