Penyelenggaraan Contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan

by -92 Views
Penyelenggaraan Contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Penyelenggaraan contraflow di jalan tol Jakarta-Cikampek, yang mulai diterapkan sejak Sabtu pagi, akhirnya dihentikan karena volume kendaraan yang semakin berkurang.

Ria Marlinda Paallo, selaku VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, menjelaskan bahwa sebelumnya contraflow diberlakukan dari KM 47 hingga KM 65 arah Cikampek di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai pukul 06.35 WIB.

Pada Sabtu tersebut, petugas juga menambah pembukaan contraflow di KM 36+800 pada pukul 08.10 WIB dan di KM 50 pada pukul 12.30 WIB.

Penerapan contraflow, yang dilaksanakan atas keputusan kepolisian, bertujuan untuk mengatasi volume kendaraan selama libur Natal dan tahun baru di jalan tol tersebut.

Rekayasa lalu lintas contraflow yang dimulai pada Sabtu pagi akhirnya diakhiri pada pukul 20.00 WIB setelah volume lalu lintas kembali normal.

Ria menjelaskan bahwa setelah contraflow dihentikan pada Sabtu malam, volume lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek terpantau lancar di kedua arah.

Selama libur Natal dan tahun baru, PT Jasamarga Transjawa Tol juga meningkatkan pelayanan transaksi di gerbang tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan 18 gardu tol, dari jumlah normal 15 gardu tol.

Pihaknya juga menyiagakan tambahan 16 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi dan menjaga kelancaran lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek menuju arah jalan tol Cipali.

Dalam menghadapi libur Natal dan tahun baru, PT Jasamarga Transjawa Tol mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam kondisi prima, memastikan saldo uang elektronik mencukupi, mengisi bahan bakar sebelum perjalanan, dan membawa bekal untuk menghindari kerumunan di rest area atau kepadatan.