53,000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Melalui Tol Japek H-2 Menuju Natal 2023

by -110 Views
53,000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Melalui Tol Japek H-2 Menuju Natal 2023

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melaporkan bahwa pada H-2 Natal atau Sabtu ini, sekitar 53 ribu kendaraan telah meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Jawa Barat.

Dari pantauan ANTARA, diketahui bahwa arus lalu lintas kendaraan di GT Cikampek Utama berjalan lancar di kedua arah, baik yang keluar Jakarta menuju Palimanan maupun arah sebaliknya.

Hingga pukul 20.29 WIB, tercatat sebanyak 53.490 kendaraan telah melewati GT Cikampek Utama menuju Palimanan, sementara kendaraan yang menuju Jakarta mencapai 19.772 unit.

Kebijakan contraflow telah diterapkan oleh pihak kepolisian sejak pukul 06.35 WIB karena terjadi kepadatan arus lalu lintas selama musim libur Natal dan tahun baru ini.

Awalnya, contraflow diterapkan mulai dari Km 55 sampai 65, dan kemudian pada pukul 07.00 WIB, penerapan contraflow diperpanjang dari Km 47 sampai 65.

Selanjutnya, contraflow dimajukan mulai dari Km 36 hingga Km 65 untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Contraflow sendiri adalah sistem pengaturan lalu lintas yang mengubah arah normal arus kendaraan di jalan tol, dilakukan atas diskresi pihak kepolisian.

Dalam rangka mengoptimalkan layanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama, PT Jasamarga Transjawa Tol pada musim libur Natal dan tahun baru ini meningkatkan jumlah gardu tol dari 15 menjadi 18. Selain itu, dilakukan penyiagaan tambahan dengan menambahkan 16 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Semua upaya ini dilakukan guna menjaga kelancaran arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah Jalan Tol Cipali selama musim libur Natal dan tahun baru. (ant)