Jumlah Perempuan dalam Direksi BUMN Mencapai 21 Persen

by -101 Views
Jumlah Perempuan dalam Direksi BUMN Mencapai 21 Persen

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengatakan bahwa saat ini 21 persen kursi direksi BUMN diisi oleh perempuan. Erick bertarget untuk meningkatkan jumlah direksi perempuan BUMN hingga 25 persen.

Pada saat peluncuran Kebijakan Kesejahteraan Karyawan untuk menyambut Hari Ibu, Erick mengatakan “Makanya saya meminta para pimpinan (BUMN) memastikan target ini bisa tercapai.”

Menurut data benchmarking global, keterwakilan perempuan di direksi BUMN dapat berkontribusi sebesar 3,5 persen terhadap peningkatan laba kotor perusahaan. Erick menambahkan bahwa peningkatan kinerja BUMN sepanjang 2023 juga disebabkan oleh meningkatnya posisi perempuan di BUMN.

Erick juga menyatakan bahwa kehadiran kepemimpinan perempuan menciptakan nilai yang baik. Ia berharap program kepemimpinan perempuan terus berkembang dan meningkat di BUMN.

Erick juga optimistis bahwa target 25 persen direksi BUMN perempuan akan tercapai karena talent pool BUMN memiliki sekitar 27,7 persen perempuan yang siap menjadi direksi.

Perempuan di direksi BUMN tersebar secara merata di seluruh sektor BUMN, termasuk sektor yang biasanya diasosiasikan dengan laki-laki. Erick menegaskan bahwa BUMN telah membuktikan bahwa perempuan mampu mengisi posisi penting di perusahaan.