Gencatan Senjata Antara Hamas-Israel Berakhir, Qatar Munculkan Pendapatnya

by -115 Views
Gencatan Senjata Antara Hamas-Israel Berakhir, Qatar Munculkan Pendapatnya

Kementerian Luar Negeri Qatar telah mengonfirmasi bahwa pembicaraan antara Israel dan Palestina terus berlanjut dengan tujuan melanjutkan gencatan senjata. Pernyataan itu diunggah oleh Kementerian Luar Negeri Qatar di platform media sosial, sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

“Negara Qatar menyatakan penyesalan mendalam atas dimulainya kembali agresi Israel terhadap Jalur Gaza setelah berakhirnya jeda kemanusiaan, tanpa mencapai kesepakatan untuk memperpanjangnya. Negara Qatar berkomitmen, bersama dengan mitra mediasinya, untuk melanjutkan upaya yang mengarah pada jeda kemanusiaan, dan tidak akan ragu melakukan apapun yang diperlukan untuk mengembalikan ketenangan,” kata pernyataan tersebut.

Kementerian tersebut menekankan bahwa pengeboman yang terus berlanjut di Jalur Gaza pada jam-jam pertama setelah berakhirnya jeda mempersulit upaya mediasi dan memperburuk bencana kemanusiaan di Jalur Gaza, dan dalam konteks ini menyerukan komunitas internasional untuk segera mengambil tindakan.

Mereka juga mengutuk penargetan warga sipil, hukuman kolektif dan “usaha untuk menggusur secara paksa warga Jalur Gaza yang terkepung”.

Qatar telah berhasil menjadi perantara perjanjian seminggu yang lalu agar gencatan senjata mulai berlaku, yang mengakibatkan pembebasan sandera dan tahanan. Hamas mengatakan Jumat pagi bahwa Israel menolak tawaran pembebasan lebih banyak sandera dan jenazah keluarga Israel yang tewas dalam serangan udara.