Dalam survei calon presiden, Prabowo Subianto memimpin di puncak sementara Ganjar dan Anies bersaing ketat

by -102 Views
Dalam survei calon presiden, Prabowo Subianto memimpin di puncak sementara Ganjar dan Anies bersaing ketat

Dengan mendekati Pilpres 2023 yang akan berlangsung pada 14 Februari, ketegangan politik di Indonesia semakin meningkat. Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD, bersaing ketat dalam menjaring dukungan. Berbagai survei telah dilakukan dan memberikan gambaran tentang kekuatan elektoral masing-masing pasangan.

Menurut survei TKN Jawa Barat, Prabowo-Gibran memimpin dengan 51,67%, disusul oleh Anies-Cak Imin dengan 25,96%, dan Ganjar-Mahfud dengan 11,76%. Survei ICRC juga menunjukkan Prabowo-Gibran memimpin dengan 37,3%, diikuti Ganjar-Mahfud dengan 33,5%, dan Anies-Cak Imin dengan 24,1%. Sementara survei LPI menunjukkan Ganjar-Mahfud dengan 38,75%, Prabowo-Gibran dengan 34,25%, dan Anies-Muhaimin dengan 24%.

Survei dari LSI Denny JA, LSN, SPIN, IPO, PWS, dan Poltracking juga menunjukkan kecenderungan dukungan yang beragam di antara para calon, dengan Prabowo-Gibran seringkali memimpin, diikuti Anies-Cak Imin atau Ganjar-Mahfud, tergantung wilayah dan demografi pemilih. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengindikasikan potensi adanya pertarungan ketat antara Prabowo-Gibran dan Anies-Cak Imin di putaran kedua, dengan suara Ganjar-Mahfud sebagai variabel penting.

Para calon saat ini fokus pada kampanye di daerah dengan jumlah pemilih terbesar, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Dengan waktu kampanye yang masih tersisa, dinamika politik bisa berubah, membuka kemungkinan pergeseran dalam dukungan pemilih.