Prabowo Menyatakan Pujiannya Terhadap Proyek Favorit Jokowi yang Naik 1.000%

by -112 Views
Prabowo Menyatakan Pujiannya Terhadap Proyek Favorit Jokowi yang Naik 1.000%

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon Presiden Republik Indonesia Nomor Urut 2, Prabowo Subianto, menyatakan bahwa dia akan melanjutkan program hilirisasi yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo jika dia memenangkan Pilpres 2024. Rencananya, akan ada 21 komoditas yang akan menjadi fokus hilirisasi.

Prabowo mengungkapkan hal ini saat acara Dialog Publik Muhammadiyah bersama Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat (24/11/2023).

“I’ll continue the downstreaming. We have 21 commodities to downstream. And we have plans for 21 commodities that have increased in value tens of times,” kata Prabowo.

21 komoditas itu seperti batu bara, nikel, timah, tembaga, bauksit, besi baja, emas perak, aspal buton, minyak bumi, hingga gas bumi. Selain itu, juga ada komoditas perkebunan dan hasil laut seperti kelapa, kelapa sawit, karet, biofuel, kayu, getah pinus, udang, perikanan tangkap, rajungan, rumput laut, dan garam.

Prabowo mencontohkan nilai hasil hilirisasi komoditas nikel pada tahun 2017 hanya sekitar US$ 3 miliar, sedangkan pada tahun 2022 meroket menjadi US$ 33 miliar imbas larangan ekspor yang dijalankan.

“Nikel pak Jokowi larang ekspor tahun 2022 kita US$ 33 miliar naik 1.000% dalam 2 tahun,” katanya.

Selain itu, Prabowo juga mengungkapkan dari hasil hilirisasi nikel ini ia juga berharap bisa memproduksi kendaraan listrik, supaya Indonesia tidak hanya menjadi pasar dari negara lain.

“Maaf duta besar Jepang, maaf, maaf, maaf saya hormat sama Jepang tapi kita tidak mau hanya menjadi pasar anda, kita mau jadi mitra anda kita mau jadi sahabat anda,” tegas Prabowo.