Pertamina Berkomitmen Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Nasional yang Berbasis Energi Baru Terbarukan

by -117 Views
Pertamina Berkomitmen Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Nasional yang Berbasis Energi Baru Terbarukan

SMPN 7 Kota Cirebon yang merupakan sekolah binaan Pertamina Hulu Energi ONWJ, telah meraih predikat sekolah adiwiyata tingkat nasional. Hal ini berkat implementasi energi bersih panel surya pada program Sekolah Energi Berdikari. Kepala SMPN 7 Cirebon, Euis Sulastri menyampaikan terima kasih atas bantuan Pertamina yang merupakan mimpi besar yang terwujud tiba-tiba bagi sekolah tersebut.

Saat ini, SMPN 7 Kota Cirebon menerima bantuan panel surya berkapasitas 3,3 Kwt (kilowatt) dan bantuan bibit pohon alpukat, durian, jambu, dan jeruk lemon di taman sekolah. Plt. Walikota Cirebon, Eti Herawati menyambut baik kontribusi Pertamina di wilayahnya dan menyebutnya sebagai kebanggaan bagi Kota Cirebon.

Manager CSR PT Pertamina (Persero) Dian Hapsari Firasati mengatakan bahwa bantuan panel surya merupakan bagian dari program Sekolah Energi Berdikari (SEB) yang merupakan pengembangan dari program Desa Energi Berdikari (DEB) yang selama ini telah dijalankan Pertamina. Program tersebut merupakan upaya mendukung target net zero emission yang digagas pemerintah.

Tujuan dari program SEB di SMPN 7 Kota Cirebon adalah membantu sekolah meraih level mandiri dalam sekolah adiwiyata dan diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain. Program ini juga diharapkan dapat membantu memahami pentingnya pemanfaatan energi bersih yang ramah lingkungan dalam proses transisi energi Pertamina menuju net zero emission.