Makin Menakutkan Situasi Jerman, Industri Merosot-Menunjukkan Tanda Resesi

by -108 Views
Makin Menakutkan Situasi Jerman, Industri Merosot-Menunjukkan Tanda Resesi

Jakarta, CNBC Indonesia – Produksi industri Jerman turun lebih besar dari perkiraan pada bulan September, menurut data yang dirilis Selasa (7/11/2023). Penurunan pesanan berdampak pada produksi.

Produksi turun di bulan September sebesar 1,4% dibandingkan bulan sebelumnya. Analis yang disurvei oleh Reuters sebelumnya memperkirakan penurunan sebesar 0,1%.

“Produksi pada kuartal ketiga tahun 2023 lebih rendah 2,1% dibandingkan kuartal kedua,” kata kantor statistik.

Setelah hasil sementara direvisi, produksi turun 0,1% di bulan Agustus dibandingkan bulan Juli. Ini kurang dari angka sementara sebesar 0,2%.

“Ekonomi Jerman yang padat industri bergantung pada produksi untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang wajar,” kata Kepala Ekonom VP Bank, Thomas Gitzel, seraya mencatat bahwa produksi industri tahun ini lemah.

Rilis data produksi industri lainnya yang mengecewakan menunjukkan bahwa pertumbuhan PDB kuartal ketiga (Q3) kemungkinan dapat direvisi ke bawah. Negara tersebut kemungkinan akan mengakhiri tahun ini dalam resesi teknis.

“Perkembangan terkini jelas meningkatkan risiko perekonomian Jerman akan mengakhiri tahun ini dalam resesi,” kata kepala makro global di ING, Carsten Brzeski.