Judul yang direkomendasikan: Dana Hamas dan Israel yang Telah Dikeluarkan Mencapai Rp 795 T

by -131 Views
Judul yang direkomendasikan:
Dana Hamas dan Israel yang Telah Dikeluarkan Mencapai Rp 795 T

Koran bisnis Israel, Calcalist, melaporkan bahwa biaya perang antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza sudah mencapai 200 miliar shekel atau sekitar Rp 795,04 triliun. Angka tersebut didasarkan pada perkiraan awal Kementerian Keuangan Israel. Perkiraan ini setara dengan 10% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Israel. Namun, Kementerian Keuangan Israel tidak membenarkan data tersebut.

Calcalist juga mengungkapkan bahwa setengah dari biaya tersebut digunakan untuk pertahanan dengan biaya mencapai 1 miliar shekel per hari. Sisanya akan digunakan untuk kompensasi bisnis dan rehabilitasi. Menteri Keuangan Israel, Bezalel Smotrich, telah mengumumkan bahwa pemerintah tengah menyiapkan paket bantuan ekonomi yang lebih besar dan luas bagi mereka yang terkena dampak serangan Palestina.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, juga menyatakan komitmennya untuk membantu semua orang yang terkena dampak peperangan saat ini. Meskipun peringkat utang Israel oleh S&P telah dipangkas menjadi “negatif”, Israel tetap bertekad membiayai perang ini tanpa ragu-ragu. Perang ini memanas setelah kelompok Hamas melakukan serangan paling mematikan ke Israel dalam sejarah negara tersebut pada 7 Oktober lalu. Sejak itu, Israel telah membalas dengan membombardir Gaza untuk meredam kelompok tersebut.