Ada Apa saat ‘Panglima Perang’ AS Mengunjungi RI Pekan Depan?

by -119 Views
Ada Apa saat ‘Panglima Perang’ AS Mengunjungi RI Pekan Depan?

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin akan melakukan kunjungan ke Asia pekan depan. Dalam kunjungannya, dia akan mengunjungi India, Korea Selatan (Korsel), dan Indonesia.

Dalam rilis resmi dari Kedutaan Besar AS di Jakarta, Austin akan memulai kunjungannya di India untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan Rajnath Singh guna membahas peningkatan kerja sama industri pertahanan, meningkatkan interoperabilitas, dan memajukan inovasi antara India dan AS. Mereka juga akan berpartisipasi dalam Dialog Tingkat Menteri 2+2 dengan Menteri Luar Negeri Anthony J. Blinken dan Menteri Luar Negeri Dr. S. Jaishankar.

Setelah pertemuan tingkat menteri, Blinken dan Austin akan bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi.

Selanjutnya, Austin akan pergi ke Korsel untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan Nasional Shin Wonsik dan pejabat senior Korsel lainnya. Mereka juga akan menghadiri Pertemuan Konsultatif Keamanan tahunan ke-55 dan Pertemuan Menteri Pertahanan Negara-negara Anggota Komando Korsel-PBB yang pertama. Di Seoul, Austin juga akan memperingati Hari Veteran dengan bertemu dengan tentara yang telah berjasa dalam menjaga perdamaian dan keamanan di wilayah tersebut selama beberapa dekade.

Selanjutnya, Austin akan melakukan perjalanan ke Indonesia untuk menghadiri Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM) ke-10-Plus. Selama di Jakarta, dia akan mengadakan Pertemuan Informal ASEAN-Amerika Serikat untuk membahas peluang perluasan hubungan keamanan antara ASEAN dan AS.

Austin juga akan bertemu dengan rekan-rekan regionalnya untuk menegaskan komitmen AS dalam bekerja sama dengan sekutu dan mitra untuk mendukung wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.