Menciptakan Lingkungan Harmonis di Tempat Kerja: Inilah Cara GNI Melakukannya

by -156 Views
Menciptakan Lingkungan Harmonis di Tempat Kerja: Inilah Cara GNI Melakukannya

PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) bekerja sama dengan Reformed Cultural Center (RCC) telah mengadakan seminar pertukaran budaya Indonesia-Tiongkok pada bulan Agustus yang lalu. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara tersebut dihadiri oleh ratusan pekerja lokal dan pekerja asing, serta tokoh teologi reformed terkemuka dunia, Stephen Tong Tjong Eng. Stephen Tong Tjong Eng adalah musikus Tionghoa-Indonesia sekaligus pemimpin Gereja Reformed Injili Indonesia yang berpusat di Katedral Mesias, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus).

Dalam sambutannya, Stephen Tong Tjong Eng menyatakan bahwa seminar ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan Tiongkok kepada para pekerja, sehingga pekerja asing dapat lebih memahami budaya Indonesia. Selain itu, pekerja Indonesia juga dapat memperoleh wawasan yang lebih baik tentang budaya rekan-rekan mereka yang berasal dari luar negeri, terutama budaya Tiongkok.

Tujuan seminar ini sejalan dengan komitmen GNI untuk membangun budaya kerja yang harmonis untuk semua karyawan, baik tenaga kerja lokal maupun asing. GNI telah berkiprah di Indonesia selama empat tahun dan dedikasi perusahaannya tercermin dalam upaya menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Selain seminar, acara ini juga memungkinkan para pekerja Indonesia untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan komunikasi agar seluruh pekerja semakin kompak. GNI juga berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi para pekerja. Salah satu contohnya adalah dengan melaksanakan program Diklatsar, yang memberikan pelatihan kepada karyawan mengenai penanganan kondisi darurat di tempat kerja.

Pelatihan dalam program Diklatsar mencakup pemakaian Alat Pemadam Api Ringan (APAR), penyelamatan kecelakaan kendaraan, evakuasi kebakaran, dan penyelamatan di air. Hal ini membantu karyawan untuk siap menghadapi situasi darurat dan mengurangi risiko kecelakaan. GNI juga membentuk Panitia Pembina Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (P2K3) yang berperan penting dalam mengawasi dan melaksanakan regulasi keamanan kerja. P2K3 menjadi wadah kerja sama antara pengusaha dan pekerja untuk mengembangkan pemahaman dan partisipasi dalam penerapan K3.