Perjalanan KRL Bogor-Manggarai akan Menempuh Waktu 85 Menit dengan Kecepatan 80 Km/Jam

by -234 Views
Perjalanan KRL Bogor-Manggarai akan Menempuh Waktu 85 Menit dengan Kecepatan 80 Km/Jam

PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) bersama KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta akan mengatur ulang Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai 1 November 2023. Penyesuaian ini akan mempengaruhi kecepatan maksimal dan waktu tempuh KRL Commuter Line.

Salah satu dampaknya adalah KRL rute Manggarai-Bogor. Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan bahwa KRL Bogor-Manggarai akan berjalan lebih cepat dari biasanya.

“Perubahan kecepatan maksimal perjalanan di jalur tersebut awalnya 70 km/jam menjadi 80 km/jam, sehingga waktu tempuh perjalanan dari Bogor-Manggarai/Jakarta Kota berkurang 7-8 menit, dari sebelumnya 92 menit menjadi 85 menit. Sedangkan waktu tempuh perjalanan Bogor-Manggarai berkurang dari 70 menit menjadi 62 menit,” ujar Anne pada Selasa (31/10/2023).

Perubahan percepatan dan waktu tempuh KRL Commuter Line akan berdampak pada jadwal perjalanan. Anne meminta pengguna untuk memperhatikan kembali jadwal perjalanan.

Selain itu, jadwal keberangkatan KRL Commuter Line Bogor di seluruh stasiun juga mengalami perubahan sekitar 1-5 menit. Ada juga penambahan dua perjalanan awal di pagi hari, yaitu pemberangkatan jam 05.25 WIB dan 05.50 WIB.

Untuk melihat jadwal terbaru, pengguna dapat menggunakan aplikasi C-Access atau melihat website commuterline.id atau akun resmi sosial media KAI Commuter @commuterline.

Dengan peningkatan kecepatan maksimal perjalanan Commuter Line, KAI Commuter juga mengimbau masyarakat yang akan melintasi perlintasan sebidang di lintas Bogor-Manggarai untuk menjaga keselamatan saat melintas. Pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, atau ada isyarat lain yang menandakan akan ada perjalanan kereta api.

(WUR/WUR)