Seruan PBB untuk Menghentikan Perang antara Israel dan Hamas

by -98 Views
Seruan PBB untuk Menghentikan Perang antara Israel dan Hamas

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mengeluarkan resolusi yang menyerukan gencatan senjata antara Israel dan Hamas serta meminta akses bantuan ke Jalur Gaza yang terkepung. Resolusi ini disahkan dengan dukungan 120 suara, sementara 45 abstain, dan 14 suara menentang, termasuk Israel dan Amerika Serikat.

Meskipun tidak menyebutkan secara spesifik Hamas, resolusi ini menyerukan pembebasan semua warga sipil yang ditahan secara ilegal serta perlakuan manusiawi terhadap mereka. Resolusi ini juga mengutuk serangan terhadap warga sipil Palestina dan Israel.

Meskipun resolusi ini tidak mengikat, namun memiliki bobot politik yang mencerminkan isolasi internasional yang dialami oleh AS dan Israel dalam operasi darat mereka. Upaya untuk menuntut pembebasan sandera segera juga mendapatkan dukungan, namun gagal memenuhi syarat mayoritas dua pertiga karena tekanan AS dan Israel.

PBB baru kali ini memiliki pandangan kolektif mengenai krisis Timur Tengah setelah empat upaya sebelumnya di Dewan Keamanan PBB gagal akibat veto Rusia atau Amerika.